Selasa, 05 Oktober 2010

BAB1 PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN BESERTA CONTOH

Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.  Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian.  Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan dengan pertimbangan yang matang.

 

menjelang Idul Fitri ada kebiasaan untuk merayakannya denganberlebihan. Kita bisa melihat hari-hari terakhir Ramadhan,superma rket dandepartment store dipenuhi pengunjung. Mereka berbelanja banyak kebutuhan untuk merayakan hari besar itu. Sepertinya, masyarakat MuslimIndonesia melupakan hakikat berpuasa yang mereka jalani yaitu menahandiri dari nafsu duniawi. Kebiasaan konsumtif ini juga bisa dilihat dari angkainflasi pada menjelang Hari Raya Idul Fitri. Indeks inflasi meskipun bersifattemporer ada kecenderungan naik. Dalam teori ekonomi fenomena inflasi inisering disebut dengan demand pull inflation, atau inflasi yang terjadi karenaada kenaikan permintaan

 

Kebiasaan konsumtif pada masa menjelang Hari Raya Idul Fitrisebenarnya dapat dilihat dari budaya masyarakat Indonesia yang bersifatkomunal. Masyarakat kita mempunyai semangat kebersamaan yang tinggi.Mereka menganggap Idul Fitri adalah momentum yang tepat untukberkumpul bersama seluruh keluarga dan handai tolan. Mereka akanberusaha menjamu sanak saudara dengan sebaik-baiknya. Prinsip inididukung pula oleh konsep silaturahmi dalam agama Islam. Salah satutujuan silaturahmi adalah meningkatkan ukhuwah Islamiyah. MasyarakatMuslim Indonesia berkeinginan untuk memberikan yang terbaik bagi sanakkeluarganya pada saat Hari Raya Idul Fitri namun terkadang merekamelakukannya dengan cara yang tepat.


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen ,  http://www.scribd.com/doc/6144263/Idul-Fitri-Dan-Perilaku-Konsumtif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar